Mengatasi Limpasan Banjir dengan Normalisasi Saluran Drainase di Kelurahan Baru Ilir Kota Balikpapan

Authors

  • Sulardi Sulardi STT Migas Balikpapan
  • Lukman
  • Nuruddin Kafy El Ridlo
  • Agus Sugianto
  • Gunaedy Utomo

DOI:

https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.101

Keywords:

normalisasi, saluran drainase, gorong-gorong

Abstract

Limpasan banjir ke jalan raya di perkotaan secara umum disebabkan oleh ketidak sesuai saluran drainase dengan volume limpasan air hujan dan disebabkan oleh saluran drainase yang rusak, tertutup semak belukar dan sedimen lumpur serta terhalang oleh bangunan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai perwujudan keterlibatan pergutuan tinggi, dunia usaha, dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, khususnya kawasan hunian dan jalan yang tergenang limpasan banjir. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa bimbingan teknik, konsultasi dan komunikasi sehingga keterlibatan masyarakat setempat dalam pekerjaan normalisasi sluran drainase dapat maksimal. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukan bahwa masyarakat setempat antusias dapat dilibatkan pada kegiatan proyek dilingkungannya dan antusias mengikuti bimbingan teknis sehingga dapat melakukan pekerjaan secara mandiri. Dari hasil kegiatan kagiatan pengabdian kepada masyarakat ini pula telah terwujud partisipasi perguruan tinggi, dunia usaha dan masyarakat setempat secara bersama-sama menyelesaikan permasalahan dilingkungan perkotaan, khususnya masalah banjir di Jalan Suprapto, Kota Balikpapan.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 12/PRT/M/2014, Penyelenggaraan Sistim Drainase Perkotaan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Kodoatie, R. J. & Sjarief, R. (2010). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2, No. 4 (dalam M.A Nugraha), Desember 2014.

Linsley, R.K dan Franzini, B.B. (1988). Teknik Sumber Daya Air Jilid. 1 dan Jilid 2 (Terjemahan. Djoko Sasongko). Jakarta: Erlangga.

Sulardi KM. (1997). Aspek dan Strategi Dalam Pengendalian Banjir, Suara Kaltim, Balikpapan.

Sulardi, dkk. (2020), Pemasangan Saluran Drainase Pipa Buis Beton di Tanah Lunak Menggunakan Pondasi Kacapiring. Jurnal Abdimas Universal, 2(2).

Sulardi. (2019). Mengatasi Limpasan Banjir Dengan Metode Modifikasi Reroute Saluran. Jurnal Riset Pembangunan Balitbangpa Provinsi Kalimantan Timur, 2(1).

Sulardi. (2018). Mengatasi Limpasan Banjir Dengan Metode Redimensi Parsial Badan Air Sungai. Jurnal Riset Pembangunan Balitbangda Provinsi Kalimantan Timur, 1(1).

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Sulardi, S., Lukman, El Ridlo, N. K., Sugianto, A., & Utomo, G. (2021). Mengatasi Limpasan Banjir dengan Normalisasi Saluran Drainase di Kelurahan Baru Ilir Kota Balikpapan. Abdimas Universal, 3(1), 44–49. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.101

Issue

Section

Artikel