Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran “Karpet Ajaib” untuk Meningkatkan Keterampilan Guru di MI Al-Islam Krasak Jepara
DOI:
https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.110Keywords:
learning media, karpet ajaib, educational teaching aids, apeAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah sulitnya menyampaikan materi memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke peserta didik dikarenakan belum meratanya fasilitas internet di area MI Al-Islam Krasak bangsri Jepara. Berdasarkan observasi yang pengabdi lakukan, pelaksanaan pembelajaran menjadi sulit dikontrol karena guru masih kebingungan dalam mencari alternatif media yang akan digunakan untuk menyampaikan materi ke peserta didik. Pelaksanaan pengabdian ini yaitu berbentuk pelatihan dengan tujuan untuk membekali guru dalam mengembangkan media pembelajaran alat peraga edukatif (APE) yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Tahapan pada pengabdian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan pengabdian, dan diseminasi hasil karya. Dari hasil diseminasi, luaran berupa produk media pembelajaran ”karpet ajaib” untuk mata pelajaran matematika dan pendidikan agama islam berhasil dikembangkan oleh peserta. Evaluasi yang pengabdi lakukan menunjukkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran meningkat sehingga diharapkan guru dapat mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran yang lain.
Downloads
References
Astini B. N., Nurhasanah, Rachmayani, Suarta, I. N. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
El-Dairi, M., & House, R. J. (2020). Chapter 62 - Optic Nerve Hypoplasia. In C. A. Toth & S. S. Ong (Ed.), Handbook of Pediatric Retinal OCT and the Eye-Brain Connection (hal. 285–287). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-323-60984-5.00062-7
Elvianasti, M., & Dharma, A. P. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Flipbook Bagi Guru Sma Muhammadiyah Se-Dki Jakarta. Abdimas Universal, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i1.2
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Nachiappan, A. S., & Rahman, N. A. (2014). Snake and Ladder Games in Cognition Development on Students. Review of Arts and Humanities, 3(2), 217–229.
Rasyid, I., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM, 7(1), 68–70.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru (2 ed.). Rajagrafindo Persada.
Saraswati, M. A., & Supriyanti, N. (2016). Developing the giant speaking snake and ladders board game for the teaching of speaking to children Aged 9-11. English Language Teaching Journal, 5(1), 9–12.
Septiarti, Y. (2015). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Tema Hewan Di Lingkungan Sekitar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas II SD Negeri Sinduadi Batar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 372. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210
Windiyani, T., Novita, L., & Permatasari, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. JPSD, 4(1), 91–101.