Upaya Pencegahan Penyakit dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Melalui Bercerita menggunakan Boneka Tangan
DOI:
https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i1.272Keywords:
health behavior, hand washing, hand puppetsAbstract
Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) is said to be one of the main determinants of the health status of the community, including children in households and schools. Worms, diarrhea, skin disease, toothache, and malnutrition are the impacts of low PHBS. Hand washing is a simple habit but has a big impact on reducing morbidity. The purpose of the activity is to teach children about PHBS Washing Hands with Soap (CTPS). Counseling methods by telling stories using hand puppets and demonstrations. The activity targets are children aged 3 to 12 years and their accompanying parents. The number of child participants was 19 people with 10 accompanying parents. The observation results showed that all children participated in the activity from start to finish and most (57.9%) of the children were able to practice CTPS correctly. The educational method using storytelling with hand puppets and demonstrations is considered effective for conveying health education. This CTPS health education must be followed up by habituating children's behavior both at home, at school, or anywhere with parental assistance.
Downloads
References
Alhadad, B., Mahmud, N., & Maskur, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melaui Media Boneka. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 2(1), 15-24.
Asridiana. (2017). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Cerita Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Keterampilan Gosok Gigi pada Anak Prasekolah di TK Darmawanita Kecamatan Wasuponda Kota Sorowako. Media Kesehatan Gigi, 16(2), 989-1011.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan . (2019). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. Jakarta: BPS. Retrieved from https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar. (2022). Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2019-2021. Karanganyar: BPS. Retrieved from https://karanganyarkab.bps.go.id/indicator/12/166/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html.
Badan Pusat Statistik; Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil Anak Indonesia Tahun 2018. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI. (2017, Oktober 16). Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah Kematian Anak. Retrieved from Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Republik Indonesia: https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/101609-cuci-tangan-pakai-sabun-cegah-kematian-anak#.
Firdaus, M. (2019, Januari). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanan Dharma Wanita Persatuan Meduran Manyar Gresik. Gresik, Jawa Timur, Indonesia.
Hanif, F., & Prasko. (2018). Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video dan Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 1-6.
Hasanah, U. dan Mahardika, D.R. (2020). Edukasi Prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Dini Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (pp. 1-9). Jakarta: LPPM UMJ.
Kementrian Kesehatan, R. I. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kurniati, R. (2021, Oktober 14). Meningkatkan Budaya Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Menyelamatkan Anak dan Keluarga. Retrieved from RSAB Harapan Kita: https://www.rsabhk.co.id/siaran-kesehatan/meningkatkan-budaya-cuci-tangan-pakai-sabun-untuk-menyelamatkan-anak-dan-keluarga.
Saputri, L. A., Herlina, R., & Halimah. (2022). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Pengetahuan Dalam Menyikat Gigi Pada Siswa Kelas 2 SDN 09 Pontianak Utara. Journal of Dental Therapist, 73-78.
Saya’diyah, F. (2015). Peningkatan Keterampilan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita (Wayang Beber Tematik) Di Kelompok Bermain Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati. Semarang: Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.
Tulak, Grace Tedy; Ramadhan, Syahrul; Musrifah, Alimatul. (2020, Maret). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4, 37-42. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1702/pdf
WHO. (2009). WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care. Switzerland: World Health Organization.